"Dengan blog ini, gue berharap, setiap pengalaman buruk yang gue alami tidak terjadi pada orang lain."

Selasa, 23 Juni 2015

Pantai Sawarna: Awas! Salah Perhitungan Berarti Malapetaka (Tips, Info Penginapan, Lokasi, Rute/Jalur, Paket Wisata, Homestay)

Gue mau berbagi pengalaman berwisata ke Pantai Sawarna! Busyet…! ternyata keindahan pantainya melebihi bayangan gue sebelum berangkat ke sana. Beberapa artikel blog atau website yang gue baca sebelum berangkat, gak ada yang bisa menggambarkan suasana aslinya secara utuh, sebagai pantai yang indah dan mempesona.

Pantai Ciantir, Pantai SawarnaTapi sayang, perjalanan wisata perdana gue ke Pantai Sawarna terbilang berantakan alias mengecewakan, karena banyak informasi yang gua dapet dari blog atau website, banyak yang salah (mengada-ada) dan sebagian lagi sudah kadaluarsa, terutama soal tips, tempat-tempat wisata Sawarna, info penginapan, rute, akses transportasi Jakarta-Sawarna, akses ke pantai, “logistik” (perbekalan) dan sebagainya.

Kondisi Pantai Sawarna sangat berbeda dengan tempat wisata pantai lain di Indonesia, khusunya di daerah Jawa Barat dan Banten. Pantai Sawarna punya keunikan tersendiri mulai dari keindahan pantai (ombak, hamparan pasir, cuaca, pemandangan), akses transportasi, jalur ekstrim, akses ATM, hingga cara berhadapan/berinteraksi dengan warga yang tinggal di sekitar pantai.

Awalnya, gue menilai lebay berbagai posting atau tulisan dari teman-teman yang berbagi pengalaman berwisata ke Pantai Sawarna, tapi setelah gagal total di wisata perdana ke Pantai Sawarna, gue mulai sadar, wisata ke sana memang butuh perencanaan yang ekstra detail dan matang. Kalau salah perhitungan, bias menderita! Kenapa begitu? Simak penjelasan gue sampai selesai….! Kalau enggak, bisa menyesail!

Sebelum masuk ke tips dan info-info penting persiapan berwisata ke Pantai Sawarna, gue mau coba gambarin keindahan di sana, juga mau kasih gambaran suasana menarik sepanjang perjalanan ke sana. Gue rasa, ini lumayan penting, karena setiap orang punya tujuan berbeda-beda mudah-mudahan bias mewakili keinginan teman-teman. 

Kanapa Memilih Pergi Ke Pantai Sawarna? Bukan ke tempat lain! Itu pertanyaan bini gue, waktu pertama kali, gue ngajak dia berlibur ke sana. Jawaban gue sederhana. Penasaran aja, banyak temen di kantor yang ngomongin Pantai Sawarna. Katanya sih mantap! “Suasana alamnya lebih indah dan mempesona dari Pantai Kuta!”

Bini gue langsung tanya? “Emang Lokasinya di mana?” 

Gue langsung jawab sambil nunjukkin peta dari Google Map yang gue install di smart phone kesayangan Gue. “Lokasinya di pantai selatan, tepatnya di daerah Bayah, dari Pelabuhan Ratu Sukabumi, masih sekitar 4 jam ke arah barat, menuju provinsi Banten.” Sambil nyengir dan berharap dapat approval (persetujuan) dari dia.

Tanpa diduga, bini gue yang cantik itu, kasih persetujuan, “Ayo, yang! Kita berangkat.” Dengan raut muka sumbringah. Rupanya, dia lagi butuh refreshing, karena lagi ngurusin project memusingkan di tempat kerjanya “Kita lupain dulu kerjaan kantor, waktunya bersenang-senang…!”.

Ada jawaban begitu, gue langsung buka laptop buat browsing, cari informasi seputar Pantai Sawarna.

Browsing Foto/Gambar & Video Pantai Sawarna  
Gue pengen tahu seberapa indah dan mempesona Pantai Sawarna, sekaligus seberapa pantas tempat itu untuk gue datangi karena gue harus menempuh perjalanan, sekitar 250 km (-+ 5-8 jam) dari Jakarta. Gue khawatir, perjalanan ke sana gak sebanding dengan perjuangan gue menuju ke sana. 

Yang pertama kali gue kerjain, gue buka-buka Google Image, buat lihat foto-foto pantai sawarna. Hasilnya menarik. kesimpulannya, Pantai Sawarna, layak jadi destinasi liburan gue. Cukup menarik karena menawarkan suasana pantai dengan hamparan pasir putih yang luas dan bersih dengan pemandangan (landscape) yang mempesona.

Tapi yang ingin gue share soal ini, setelah gue berkunjung ke sana, perbandingan foto-foto yang gue lihat sebelumnya di internet dengan pengamatan langsung dengan mata telanjang, Pantai Sawarna jauh lebih indah dan mempesona, mungkin karena sudut pandang kamera yang sangat terbatas sehingga tidak bisa menggambarkannya secara utuh.

Suasana pantainya masih sangat perawan, itu karena Pantai Sawarna agak sulit di akses. Tidak ada transportasi umum menuju ke sana. Pengunjung Pantai Sawarna, umumnya menggunakan mobil pribadi, dan kelihatannya, mereka adalah orang-orang menengah ke atas sehingga prilakunya lumayan ‘beradab’. Dan karena itu juga, Pantai Sawarna menjadi sangat eksklusif tetapi terbuka bagi siapa pun yang ingin berkunjung ke sana.

Waktu pertama gue menginjakkan kaki di Pantai Sawarna, kesan yang gue dapet, suasananya kondusif banget buat refreshing, suasananya tenang dengan hamparan pasir putih bersih terbentang luas, deburan ombak bersautan memberi kesan pantai 100%. Sangat berbeda dengan pantai-pantai lain yang penuh sesak pengunjung, penuh sesak pedagang, airnya keruh dengan sampah yang berserakan di mana-mana.

Di pagi dan sore hari, pas banget buat main di tepian pantai, waktunya pas banget, soalnya terik matahari masih belum terasa panas. Di siang hari, pas banget buat menikmati keindahan pantai sambil menikmati berbagai hidangan di bale-bale tradisional bernuansa pantai. Di malam hari, pas buat bakar-bakar ikan, jagung atau yang lainnya. 

Waktu pertama kami lihat foto-foto Pantai Sawarna di internet gue agak bingung karena suasana pantainya berbeda-beda. Ternyata setelah gue berkunjung ke sana, Sawarna itu nama desa. Di desa Sawarna ada tiga tempat wisata pantai yang jaraknya berdekatan. Ada pantai pasir putih yang luas dan bersih, ada pantai karang da nada juga pantai perpaduan karang dan pasir dalam sebuah teluk.

1. Pantai Ciantir, Sawarna.
2. Pantai Tanjung Layar, Sawarna.
3. Pantai Legon Pari, Sawarna.
4. Pantai Karang Taraje, Sawarna.

Ini dia penampakannya:  

Pantai Ciantir, Sawarna.

Pantai Ciantir, Pantai Sawarna

Pantai Ciantir, Pantai Sawarna

Pantai Ciantir, Pantai Sawarna

Pantai Ciantir, Pantai Sawarna

Pantai Ciantir, Pantai Sawarna

Pantai Ciantir, Pantai Sawarna

Pantai Ciantir, Pantai Sawarna

Pantai Ciantir, Pantai Sawarna

Pantai Legon Pari, Sawarna.

Pantai Legon Pari, Pantai Sawarna

Pantai Legon Pari, Pantai Sawarna

Pantai Legon Pari, Pantai Sawarna

Pantai Legon Pari, Pantai Sawarna

Pantai Legon Pari, Pantai Sawarna

Pantai Tanjung Layar, Sawarna
Pantai Tanjung Layar, Pantai Sawarna

Pantai Tanjung Layar, Pantai Sawarna

Pantai Tanjung Layar, Pantai Sawarna

Pantai Tanjung Layar, Pantai Sawarna


Pantai Karang Taraje, Sawarna.





BAGIAN II : Perjalanan Menuju Pantai Sawarna
POIN-POIN:
1. Rute dan Rintangan
2. Jalur-Jalur Super Ekstrim (Rawan Kecelakaan & Rawan Kejahatan)
3. Memperhitungkan Dana, Kendaraan, Peralatan dan Perbekalan
4. Pungutan Liar Membingungkan Sekaligus  Merugikan
5. Tiba Di Waktu yang Tidak Tepat Sangat Berbahaya


BAGIAN III : Tiba di Pantai Sawarna
POIN-POIN:
1. Salah Tempat Parkir Bisa Jadi Kena Jebakan
2. Tukang Ojek Yang Memanfaatkan Ketidaktahuan Pengunjung
3. Salah Pilih Penginapan Bisa Menderita
4. Pilih Makanan


BAGIAN IV : Menjelajah Tempat Wisata Pantai Sawarna
POIN-POIN:
1. Apa perlu pake Ojek?
2. Kemana dulu kita mulai berwisata di Sawarna?

BACA ARTIKEL SElENGKAPNYA>> 

BAGIAN V : Kembali ke Rumah










INDEX BERITA TERKAIT

Lokasi pantai sawarna itu ada di Bayah, Banten. Pantai sawarna tempat wisata pantai terkenal di bayah, ada juga yang menyebut pantai sawarna berada di wilayah sukabumi, salah satu destinasi wisata pantai paling indah adalah sawarna, bila Anda ingin berkunjung, dapatkan peta pantai sawarna...[...]

Untuk menuju sawarna ada beberapa rute yang bisa ditempuh untuk sapai di pantai sawarna, alamat pantai sawarna ada di desa Sawarna karena itu adalah nama desa sedangkan Legon Pari, Pantai Ciantir dan Tanjung layar adalah tempat wisatanya. Pantai sawarna map bisa dilihat di google map...[...]

Letak pantai sawarna ada di pantai selatan jawa, tepatnya di Banten Selatan, timur pelabuhan ratu. Keindahan pantai sawarna sudah dikenal hingga ke manca negara. Banyak mitos tentang pantai sawarna, bia Anda bertanya, dimana pantai sawarna? Lihat di google...[...]

Sejarah pantai sawarna, penginapan pantai sawarna, pantai sawarna pandeglang, video pantai sawarna banyak dicari karena keingin tahuan masyarakat akan pantai tersebut. Pantai sawarna beach hingga legenda pantai sawarna, menjdai informasi yang juga banyak dicari masyarakat...[...]

Banyak penginapan di daerah pantai sawarna, tempat wisata pantai sawarna menyajikan berbagai tempat mempesona dan memanjakan Anda. Pantai ciantir sawarna adalah yang paling dikenal karena menawarkan wisata pasir putih nan bersih, untuk ke sana bisa juga dengan travel pantai sawarna...[...]

Fasilitas pantai sawarna, pantai di sawarna, pantai sawarna garut, pantai sawarna kaskus, travel ke pantai sawarna, akses pantai sawarna, wisata ke pantai sawarna.Untuk berwisata tanjung Resort layar ke pantai sawarna harus mempersiapkan diri sebelum Resort berangkat. Cari tahu harga penginapan pantai sawarna, info seputar penginapan di pantai sawarna, penginapan pantai di sawarna banten berbeda murah dengan penginapan tanjung layar di pantai sukabumi...[...]

Harga penginapan Resort di pantai sawarna bersifat fariatif karena tergantung dari fasilitas yang diberikannya. pantai sawarna penginapan, penginapan di pantai sawarna banten, hingga tempat penginapan di pantai sawarna adalah penginapan pantai sawarna sukabumi...[...]

Banyak yang mencari homestay penginapan di Sukabumi tetapi murah tujuannya ke pantai sawarna, penginapan di pantai, entah bagaimana, penginapan homestay di sawarna sangat diminati pengunjung, penginapan desa sawarna, ada banyak tempat tanjung layar penginapan di murah sawarna bayah...[...]

Banyak yang mencari paket wisata ke Pantai Sawarna, wisata pantai memang sedang populer sebagai tujuan wisata masyarakat, paket wisata murah banyak ditawarkan travel agent, menawarkan paket liburan ke pantai sawarna untuk liburan sekolah, atau liburan panjang...[...]

Pantai sawarna banten homestay selatan, lokasi pantai homestay sawarna banten, pantai sawarna banten tour, pantai ciantir homestay sawarna banten, pantai murah sawarna banten lokasi. Travel murah, Tour murah. Menawarkan penginapan murah,untuk berlibur dari jakarta, bandung tour and travel murah ke sawarna...[...]

Villa penginapan murah sawarna tour travel villa murah penginapan murah pantai villa sawarna penginapan murah di pantai sawarna villa banten paket pantai sawarna murah villa penginapan sawarna murah homestay murah di sawarna villa penginapan murah di sawarna villa beach paket murah sawarna murah sawarna villa penginapan murah penginapan di sawarna murah villa paket wisata sawarna murah pantai murah villa....[...]


49 komentar:

  1. Balasan
    1. Salah hitung bisa diatasi dengan Sawarna Loka
      Kami putra putri asli pantai desa wisata sawarna membuka paket ke pantai sawarna.

      untuk harga spesial dari kami silakan kunjung website sawarna loka
      www.sawarnaloka.com

      Hapus
    2. haram judi mah kang..

      Hapus
  2. Sungguh sangat indah sekali gan,,,pingin rasanya berkunjung di ke pantai sawarna , thanks untuk infonya sangat bermanfaat sekali!!!

    BalasHapus
  3. pantai sawarna emang indah banget, wajb kesana pokonya deh. keindahan alam nya sangat mempesona

    BalasHapus
  4. gan bisaaa gak ke pantai sawarna pakai bus

    BalasHapus
  5. gokil emang ni pantai, hampir lewat tu gara2 diterjang ombak di dkt batu layarnyanya... pantai sawarna keren bgt dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan gan gw naik motor sari jakarta jalurnya ekstrim gila , tanjakan sama turunannya ngerii .Ntar habis turunan tinggi tiba"ada tikungan tajem . Gw satanin jangan.
      Habis Touring Naek Motor Bray

      Hapus
    2. Kalau mau ke Pelabuhan Ratu atau Sawarna dari arah Ciawi lewat jalan motong ke Cikidang memang enggak direkomendasikan kalau belum terbiasa karena turunannya curam dibarengi belokan tajam. Tapi rute Cikidang ini kalau dari Ciawi -
      Pelabuhan Ratu ini dominannya berupa turunan jadi relatif aman. Yang lebih susah itu sebaliknya, Pelabuhan Ratu - Cikidang - Ciawi. Harus jaga jarak dengan kendaraan di depan, enak waktu antri stop and go ada jarak dengan di depan. Jalur Cikidang ini favorit karena sepi, jalur yang biasa relatif padat. Silahkan cek di Waze saja.

      Hapus
  6. Nonton Film Online Subtitle Indonesia Terbaru Download Film Gratis Nonton Movie Serial Tv Drama Korea

    BalasHapus
  7. Pantai sawarna menurut saya masih merupakan pantai yang hidden alias tersembunyi. so bagi para traveler sangat dianjurkan untuk mencoba liburan ke sini karena masih relatif sepi. Untuk yang pengen tau info, panduan, serta tips berlibur ke Pantai Sawarna Banten bisa mengunjungi link berikut

    https://infobacktravel.blogspot.co.id/2016/05/pantai-sawarna-banten-panduan-dan-tips-lengkap.html

    BalasHapus
  8. Ini pantai sawarna paling bagus memang. Sepi pantainya. terasa masih asri. seperti surga tersembunyi.

    BalasHapus
  9. Pantai yang indah dengan alam yg masih asli ,pengin kesana

    BalasHapus
  10. maaf ijin share

    perlu penginapan di sawarna hubungi kami langsung,

    http://penginapandisawarna.com/
    http://www.pantaisawarna.net/
    http://www.penginapanpantaisawarna.com/

    BalasHapus
  11. Sawarna memang oke bingitts deh,masih asli dan tidak komersil...ijin promo agan-agan sekalian siapa atau ada yang butuh paket sawarna bisa order harga damai seindonesia raya....
    www.onr-wisata.com
    www.wisataoutbound-gathering.blogspot.co.id

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. ya nih gara byk yg komen sawrna aku jd pensran juga pgen ke sawarna, tp aku bingung yg nyaman lewat mana ya, maklm aku belum tahu medan sawrna he he he hbs wistanya ke puncak mell.

    BalasHapus
  14. terima kasih infonya mas.... semoga menjadi amal ibadah buat anda, mohon info rute terbaik menuju kesana... mohon ijin untuk share juga...

    BalasHapus
  15. Info jalan menunju Pantai Sawarna
    Dari Jakarta - Serang - Pandeglang - Saketi - Malingping - Bayah - Pantai Sawarna.
    Dari Bogor - Rangkasbitung - Malingping - Bayah - Pantai Sawarna, atau dari Bogor - Pelabuhan Ratu - Cisolok - Pantai Sawarna.
    Dari Bandung - Sukabmui - Pelabuhan Ratu - Cosolok - Pantai Sawarna.

    Demikian info jalan menuju pantai Sawarna. Namun perlu hati-hati jika bawa kendaraan, karena jalan menuju Pantai Sawarna banyak kelokan dan tanjakan tajam.

    Salam urang Bayah

    BalasHapus
  16. Alhamduillah informasinya sangat membantu sekali untuk perjalanan saya, sebelum brangkat menuju wisata pantai sawarna dengan teman teman saya mengetahui info pemandangan dan fasilitas disana, trims sukses selalu

    BalasHapus
  17. Yuk gan ke Pulau Biawak, Pantainya Indah dan masih asri banget lho http://jotuindonesia.com/rayuan-pulau-biawak-indramayu/

    BalasHapus
  18. Yuh...ke pantai sawarna...banyak pantai yang pemandangannya indah loh...
    coba aja klik di www.sawarnaloka.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pake mobil pribadi ga perlu naik ojeg lgi kan

      Hapus
  19. Terimakasih informasinya, saya dan rekan ingin berkunjung kesana

    BalasHapus
  20. Tempat wisata Jawa Barat memang sangat banyak sekali.

    Foto-foto di artikel ini bener-bener bikin aku ngiler penger berkunjung ke sana

    BalasHapus
  21. Pantai Sawarna ini masuk ke teritori wilayah Banten atau Sukabumi?

    BalasHapus
  22. Pengen banget ke Pantai Sawarna lagi, masih banyak yang belum di eksplor, baru Pantai Ciantir ini dan Tanjung Layar doang.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. agian II, III dan IV nya mohon diupdate ya gan, he..he..
    Sesuai poin-poinnya kalau berkenan. Trims.

    BalasHapus
  25. Bagus infonya gan .
    Sangat membantu..
    Ini kebetulan ada rencana malem minggu ntar bareng temen"...

    BalasHapus
  26. Salah perhitungan bisa jadi yang tadinya mau liburan irit malah kebobolan ya, hehehe

    BalasHapus
  27. gua baru baru ini kesana. benar semua omongan yang ada di komentar. jalanan untuk kesananya sangat sangat exetrem. jadi bila ada yang kesana harus di perhatikan untuk kendaraannya motor ataupun mobil.bro n sis disana itu klo sekarang menurut gua bukan pantai yang hidden ( tersembunyi ) sudah banyak orang orang yang tau mungkin malas untuk mendatangkan kesana.

    BalasHapus
  28. wow, ternyata pantainya keren macem pantai kuta juga yaaa

    BalasHapus
  29. Liburan di pantai ini asyik juga nih kayaknyaaa

    BalasHapus
  30. Sebelum liburan ke sawarna, mari sewa dulu kameranya ke Banten Kamera. :)

    BalasHapus
  31. Bos kalau dari jakarta enaknya lewat jalur mana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari bogor cepet om,, tapi kalo mau lewat pandegelang juga bisa, jalan nya dah bagus,, tapi jauh,, sekita 160KM dari pintu tol serang timur

      Hapus
  32. Kendaraan kecil seperti agya ayla kira kira bisa sampai kesana ga...?

    BalasHapus
  33. Kalau perjalanan sehari kesana enak nya berangkat jam berapa ya? Kalo dari bogor lewat mana ya?

    BalasHapus
  34. Mampir ke warung pak kumis ajj gan .. terkenal murah .. bs d atur warung pak kumis sawarna 085775109253

    BalasHapus
  35. mau mendapatkan uang lebih setiap hari, dengan cara yang mudah saja
    di donacopoker kamu bisa bermain game dan mendapatkan uang jutaan rupiah
    tunggu apalai gabung sekarang juga
    Agen judi online Donacopoker
    daftar Donacopoker
    donacpoker
    bandar qq donacopoker
    jadi tunggu apalagi hubungi kontak di bawah ini agar kamu tidak penasaran lagi
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281298526483

    BalasHapus
  36. AvatarQQ Situs Poker Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

    AvatarQQ Memberikan 8 Jenis Permainan Yang Bisa Anda Mainkan Dengan 1 User ID

    • Texas Hold'em

    • Poker Luck

    • Omaha

    • BandarQ

    • AduQ

    • PaiQiu

    • Domino99

    • Slot Game

    Dapatkan Juga Promo Bonus Menarik Seperti :

    - Bonus New Member 20%

    - Bonus Next Deposit 10%

    - Bonus Cashback Poker 0.5%

    - Bonus Cashback Slot Game 5%

    - Bonus Referral 20%


    => Anda Juga Akan Mendapatkan Jackpot Tanpa Harus Membeli Jackpot

    => Bank Support : BCA, BNI, BRI, MANDIRI, DANAMON, dan CIMB NIAGA

    => Dana Virtual : OVO, DANA, GO-PAY, LINK AJA, DANA, dan PULSA



    Untuk Info Lebih Lanjut Silakan Hubungi :

    LINE : avatarqq.com

    WHATSAPP : +8558-8647-6590

    LIVE CHAT : AVATARQQ

    LINK ALTERNATIF : AVATARQQ

    LINK ARTIKEL POKER : artikelavatarqq.blogspot.com

    #avatarqq #pokeronlineterbaik #bandardomino99 #agenpaiqiu #situsbandarqqterpercaya #websitetaruhanonline #bandarjudionline #perangkartu #agenpokerresmi #bandarpokeronline #situspokerresmi #agenpokerdepositpulsa #pokeruangasli #qqavatar #pokeruangasli

    BalasHapus
  37. bagus banget pantai ini, saya pernah kesini waktu jaman kuliah.. gak kalah dengan pantai2 di bali

    BalasHapus
  38. Situs SlotTerbaik mainslot777. Memiliki rtp slot tertinggi yang masuk akal dan paling jujur.

    BalasHapus